Oleh
Onghokham
Rombongan
topeng wayang yang lazim terdiri dari penari laki-laki. Tidak ada wanita, peran
perempuan diambil oleh penari laki-laki. Selain penari individu tidak memiliki
peran tetap. Rombongan ini terdiri dari lima penari dewasa dan sembilan penari
anak-anak, berumur empat tahun hingga remaja.
Rombongan
penari wayang selalu memiliki anak yang berasal dari desa yang sama dengan
orang dewasa. Mereka termasuk dalam rangka untuk lulus pada tradisi teater
untuk generasi muda. Seluruh rombongan termasuk musisi, pembantu, dan gantungan
berjumlah sekitar 25 orang. Pemimpin rombongan topeng adalah roh dan tiang
kelompok. Dia adalah pemimpin produksi, dalang, satu set topeng, gamelan, dan
pemilik kostum.
Di
Jabung ada seorang pria bernama Kangsen. Dia tinggal di salah satu rumah batu
terbesar dan pemilik tanah juga. Dia memiliki tjikal-bakal (pendiri keluarga)
dari djabung dan memiliki reputasi. Dia berpikir untuk memiliki beberapa suci
kekuasaan atau dalam hal apapun untuk menjadi dukun yang bisa dipanggil untuk
melakukan ritual di upacara ruwatan.
Kangsen
sangat sadar hal-hal ini, dia suka untuk menegaskan posisinya di daerah
tersebut. Dia menyatakan bangga bahwa setiap saat ia menjadi lurah, ia bisa
melakukannya. Namun, ia tidak merasa seperti menghabiskan banyak uang untuk
kampanye pemilu.
Kangsen
selalu menganakan pakaian hitam: celana hitam lebar, sabuk kulit yang luas di
sekitar pinggang, jaket hitam longgar atas putih. Ia memiliki tubuh langsing
seakan memberikan kesan kekuatan batin, dan tidak pernah tersenyum. Ia berhasil
memimpin kelompoknya secara efisien dan mengawasi setiap masalah teknis atau
artistik tanpa rewel meskipun Topeng Malang anggotanya cenderung menjadi
primadona dan melihat diri mereka lebih sebagai mitra dalam topeng wayang
daripada sebagai orang di bawah kepemimpinan Kangsen itu.
Itu
bukan kebetulan bahwa Kangsen terlibat dalam bisnis topeng. Seperti biasa
terjadi di dunia seni Jawa, ia mewarisi posisinya. Ayah Kangsen berasal dari
desa Polowijen dan saudara Mbah Reni, pemimpin topeng paling terkenal dan
mengharumkan nama desa Polowidjen.
Pelindung
Mbah Reni adalah R.A.A. Soeria-Adiningrat, Bupati Malang yang disebutkan
sebelumnya. Mbah Reni punya saudara lain bernama Nita, yang juga pemahat wayang
kulit. Seperti Mbah Reni atau Nita meninggalkan Putra. Kedua kerabat tersebut
sama-sama menekuni hal yang sama. Terlepas dari itu, beberapa keluarga bisa
juga tidak akur karena urusan pribadi, Kangsen melakukan bisnis karena
merupakan urusan keluarga dan atas kerjasama keluarga.
Tjikar
milik Kangsen disewa untuk mengangkut kelompok wayang topeng dari saudaranya. Demikian
Kakak Ipar Kangsen menyewa bahan Kangsen untuk tahap sementara pertunjukan
wayang Purwa. Kostum wayang Topeng diperbaiki oleh dalang wayang Purwa dengan
bantuan kedua istri.
Gamelan
Mbah Reni yang memberikan ketenaran mereka, karena Kangsen bukanlah pemahat
topeng yang terkenal. Namun demikian, keluarga memiliki lebih atau kurang
monopoli atas seni pertunjukan, istrumen, bahan, ketrampilan artistik menari,
dalangship, dan ukiran telah diturunkan dalam keluarga dari generasi ke
generasi.
Kangsen
menawarkan rumahnya untuk latihan dari rombongan dan menyediakan mereka kopi,
teh, dan kadang-kadang cookie. Pada tahun 1963 rombongan topeng mendapat sekitar
Rp 8 ribu per kinerja dan dua kali makan serta ketentuan lainnya dari siapapun
yang menanggap mereka. Dari jumlah ini Kangsen memperoleh bagian terbesar dan
dalang bagian terbesar berikutnya, jika Kangsen bukan dalang sendiri.
Jika
kinerja diadakan di desa mereka sendiri, nampan disiapkan di sela-sela
penonton. Biasanya terdapat 150 orang penonton dewasa untuk mengumpulkan
pembayaran. Para penari dewasa biasanya hanya punya biaya tanda terima Rp 50
atau kurang, dan penari anak punya apa-apa kecuali makan penuh sebelum dan
setelah kinerja.
Para
anggota dewasa dari rombongan itu merupakan petani di daerah Djabung, kecuali
dua orang buruh dari kangsen itu. Beberapa penari dewasa ini membantu
menjalankan pertunjukan dan dengan masalah teknis. Bintang utama Kangsen itu
penari, pria yang sudah menikah. Begitu juga yang lainnya, seperti pengangkut
peralatan rombongan itu, memasang panggung, dan menempatkan instrument gamelan.
Menurut Kangsen tanggung jawab tersebut harus diberikan kepada orang yang telah
membuktikan rasa responsibility dengan
tugas dan kehidupan sehari-hari. Bantuan artistik Kangsen adalah seorang Wandu
(waria) yang juga seorang warga Djabung. Orang ini kadang-kadang juga bisa
menjadi dalang dan menari sebagian besar bagi perempuan, meskipun tidak secara
eksklusif. Ia juga menguasai tarian dan kostum memeriksa isyarat. Kedua buruh
cukup sering bergabung dengan rombongan ludruk
di dalam atau ke luar desa.
Demikian juga gamelan, merupakan
ciri Kangsen yang juga dilakukan di luar pertunjukan. Seorang petani di
Tumpang, mantan penari terkenal di dasarkan lokal, juga melekat longgar untuk
rombongan sebagai penari dan dalang. Di masa mudanya ia menari tarian Bapang,
namun sekarang berangsur menghilang. Saat ini ia tinggal hidup santai antara
kelengkeng di dekat reruntuhan candi Jago tua. Ia kadang-kadang bergabung
dengan rombongan Kangsen atas dasar sukarela dan membayar biaya token untuk
partisipasinya. Dua buruh melakukan kerja keras mengatur bangunan dan
mengangkat instrumen gamelan, meskipun tidak ada seorangpun, termasuk Kangsen,
tidak mau membantu jika diperlukan.[]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar