Jumat, 03 Mei 2013

Wayang dalam Dunia Topeng Malang (bag 2)



oleh Onghokham
Kinerja
Pada tahun 1963 saya melihat pertunjukan wayang topeng di desa Djabung, sekitar dua puluh kilometer timur laut dari Kota Malang. Pada saat itu orang mencapai Djabung yaitu dengan pergi ke barat daya menuju Tumpang. Biasanya memkai transportasi dokar dan kerbau yang ditarik cikar yang menuju ke desa. Djabung agak terisolasi meskipun terletak di daerah subur dan makmur, bukan ditunjukkan oleh langgar dan rumah-rumah yang besar di daerah tersebut. Kinerja diadakan pada kesempatan perayaan Hari Kemerdekaan Desa pada tanggal 17 Agustus. Ini dimulai pada 20.00 dan selesai 03.00.
Kinerja diadakan di rumah besar pemimpin Topeng wayang dengan struktur sementara bambu depan berdampingan dengan rumah untuk mensimulasikan sebuah pendopo. Di pendopo tersebut menggantung tirai dicat dengan istana-istana, pegunungan, dan tjandis-tjandis ketenaran lokal. Gamelan (Jawa orkestra), satu set pelog, berada di depan panggung, sementara penonton dikelilingi pada tiga sisi.


Dalang duduk di depan gamelan sebagai sebuah purwa wayang atau wayang kulit kinerja, tapi tanpa layar, dengan batang pohon pisang di depannya dan Kayon atau gunungan ditanam di bagasi. Di atas dalang menggantung blentjong, sekarang biasanya lampu petromax.
Pada kinerja keseluruhan memberi kesan wayang kulit melakukan Ance dengan aktor-aktor yang hidup di panggung dimanipulasi oleh dalang yang menceritakan kisahnya. Dalang tersebut meniru suara-suara yang berbeda sesuai dengan karakter, kecuali di mana punakawan (tokoh pelawak atau sahabat) yang bersagkutan. Punakawan tersebut berbicara dengan dialog mereka sendiri, yang dimungkinkan dengan memakai topeng setengah yang meninggalkan mulut mereka terbuka.
Sebelumnya kinerja diperkenalkan oleh tarian Bapang, tarian kelana yang memiliki gerakan kuat dan mengenakan topeng merah dengan hidung panjang yang luar biasa. Tarian ini telah muncul dari pagelaran wayang Topeng Malang dan belum pernah terlihat sejak sebelum perang, meskipun masih ada beberapa penari yang dapat melakukannya. Para ngremo, solo tari dengan lagu oleh sejumlah penari laki-laki dewasa telah menggantikan tarian Bapang sebagai pengantar kinerja. Ini penari ngremo menyanyikan wiludjeng lagu (wiludjeng para tetamu/menyambut tamu terhormat).
Para penari keluar satu per satu dengan kostum yang lengkap, seketika itu dalangpun mengenalkan peran mereka. Setelah jeda beberapa menit, kinerja topeng wayang dimulai dengan dalang mengambil Kayon yang dari batang pohon pisang dan berbicara kalimat tradisional yang mulai “swuh rep Data Pitana...” (tenang, tenang...). Para aktor dimasukkan untuk djejer pertama (adegan besar, biasanya di ruang utama istana).[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar